Penyembuhan alami atau perlakuan mandiri untuk menopang menentramkan tanda-tanda diverticulitis yakni seperti dikatakan awal kalinya, makan diet tinggi serat, minum banyak cairan, serta melakukan olahraga dengan teratur untuk jaga usus memiliki fungsi secara baik serta menghindar sembelit.

Bagaimana operasi untuk divertikulitis?
Kalau serangan divertikulitis seringkali atau berat, dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk ambil sisi dari usus pasien.

Seperti operasi, ada resiko pasien yg butuh diomongkan dengan dokternya.
Kadangkala operasi perlu sekurang-kurangnya dua operasi terpisah pada saat yg tidak serupa.
Apa dokter spesialis yg mengatasi divertikulitis serta divertikulosis?
Anda mungkin awalannya didiagnosis dengan divertikulosis atau divertikulitis oleh dokter seperti dokter keluarga, penyakit dalam, atau dokter anak. Anda bisa dirujuk ke spesialis digestif, seseorang spesialis dalam aliran pencernaan, untuk perawatan seterusnya.

Bisakah divertikulitis serta divertikulosis di cegah?
Konsumsi makanan tinggi serat bukan hanya dapat kurangi peluang satu orang terserang divertikulosis serta divertikulitis; tetapi juga memberikan keuntungan kesehatan satu orang dalam soal lain seperti turunkan resiko kanker usus besar serta penyakit jantung

Apa prospek untuk orang dengan divertikulitis atau divertikulosis?
Banyak orang pulih seutuhnya sesudah diselesaikan. Kalau tak lekas diobati, divertikulitis bisa membawa dampak keadaan yg lebih serius serta komplikasi selanjutnya:

Perforasi: Lubang di usus yg dipicu oleh penambahan desakan di kantong divertikular serta infeksi dalam usus.
Peritonitis: Infeksi yg lebih serius dari rongga perut yg seringkali berlangsung sesudah perforasi, disaat isi usus bocor keluar ke rongga perut (peritoneum) di luar usus.
Abses: Kantong infeksi yg sangatlah susah diobati dengan antibiotik.
Fistula: Interaksi seperti terowongan yg abnormal di antara usus besar serta organ lain yg berlangsung disaat usus yg rusak gara-gara infeksi serta berlangsung kontak dengan jaringan lain, seperti kandung kemih, usus kecil, atau sisi dalam dinding perut. Feses (tinja) dari usus besar selanjutnya bisa masuk ke jaringan lain. Soal ini seringkali membawa dampak infeksi kronis. Kalau feses masuk ke kandung kemih, umpamanya, infeksi aliran kemih bisa berlangsung serta berubah menjadi berulang-ulang, sangatlah susah diobati.
Penyumbatan atau obstruksi usus
Perdarahan pada usus
Dari beberapa orang yg dirawat di rumah sakit untuk divertikulitis, sejumlah pasien alami komplikasi yg butuh operasi.

Individu yg lebih muda dari umur 40 tahun yg menyandang penyakit spesifik atau konsumsi obat spesifik yg turunkan mode kekuatan badan, miliki peluang semakin besar alami komplikasi serta mesti jalani operasi.

Kira-kira 1/2 dari orang yg miliki divertikulitis dapat kumat dalam kurun waktu tujuh tahun sesudah keadaan ini dirawat serta dalam remisi. Episode ke-2 mungkin lebih tidak baik ketimbang yg pertama. Mencari perawatan profesional kesehatan kalau Anda mengetahui tanda-tanda awal dari divertikulitis atau divertikulosis.