Meskipun dapat kita mengonsumsi jadi satu makanan yg utuh, dalam realitanya cukup banyak orang-orang yg lebih senang konsumsi kuning telur saja atau putih telur saja. Sebetulnya, mana yg lebih sehat, putih telur atau kuning telur?

Ahli kesehatan mengatakan kalau telur terhitung pada bahan makanan yg kaya kandungan lemak serta cholesterol. Bahkan juga, tingginya takaran cholesterol pada satu butir telur dapat penuhi keperluan cholesterol sehat kita dalam satu hari. Jadi info, saran konsumsi cholesterol dalam satu hari buat mereka yg ada dalam keadaan yg sehat merupakan sejumlah 300 mg. Disamping itu, buat mereka yg udah menderita diabetes atau problem kesehatan kardiovaskular, jadi konsumsi ini seharusnya di turunkan sampai 200 mg saja sehari-harinya. Sebutir kuning telur sendiri cuma miliki 213 mg cholesterol sampai-sampai alangkah lebih baik kita tidak kuatir untuk konsumsi telur ini meskipun memang seharusnya tidak terlalu berlebih.

Apabila kuning telur merupakan sumber cholesterol, jadi putih telur merupakan sumber protein yg begitu tinggi. Ahli kesehatan sendiri mengatakan kalau putih telur miliki nilai protein yg sama seperti yg dipunyai oleh daging unggas, ikan, atau daging tidak dengan lemak. Berlainan dengan kuning telur, sisi putih telur ini nyatanya tidak miliki kandungan lemak.

Menurut ahli kesehatan, di satu butir telur ada kandungan kalori yg dapat mendukung keperluan kekuatan harian badan. Di kuning telur sendiri ada 55 kalori serta di sisi putih telur, ada 16 kalori. Masalah ini bermakna, mau membuat telur berubah menjadi bahan makanan yg bergizi serta bikin sehat, kita perlu bikin omelet yg terdiri dalam satu butir telur utuh serta digabung dengan dua putih telur. Omelet ini dapat sediakan 103 kandungan kalori yg sesuai sama keperluan harian kekuatan badan kita.