Hasil kajian yang dikerjakan oleh ahli kesehatan dari Sheffield University serta South Yorkshire Cardiotoracic Center membuktikan realitas mengerikan mengenai resiko kesehatan yang di alami oleh wanita yang merokok. Dalam kajian ini, didapati kalau wanita muda yang merokok nyatanya tingkatkan dampak terserang serangan jantung sampai 13 kali lipat bila dibanding dengan mereka yang tidak merokok.

Dalam kajian yang menyertakan 3 ribu pasien yang tengah melakukan penyembuhan serangan jantung di South Yorkshire Cardiotoracic Center ini didapati kalau wanita dibawah umur 50 tahun yang merokok dapat condong lebih simpel terserang serangan jantung bila dibanding dengan wanita yang tidak merokok atau pria yang merokok pada umur yang sama. Selain itu, wanita yang miliki tenggang umur 50 sampai 65 tahun nyatanya 11 kali lebih berefek terserang serangan jantung, jauh tambah tinggi bila dibanding dengan pria dalam tenggang umur yang sama yang cuma miliki penambahan dampak sampai 4,6 kali lipat.

Salah seseorang ahli kesehatan yang turut serta dalam kajian ini, dr. Ever Grech, sebutkan kalau penemuan ini cukup mengagetkan banyak orang-orang sebab awalnya orang yakin kalau hormon pada badan wanita dapat memberikannya perlindungan lebih baik untuk kesehatan kardiovaskular. Tapi, sebab adat merokok, metode ketahanan pada badan wanita dapat condong alami penurunan hingga membuat mereka lebih berefek terserang penyakit.

Dr. Grech sendiri sebutkan kalau dalam penelitian-penelitian kesehatan sebelumnya, rokok memang dapat tingkatkan dampak terserang serangan jantung sampai lima kali lipat tanpa ada melihat umur atau model kelamin. Tidak hanya itu, banyak perokok atau eks perokok pula miliki dampak 2x lipat untuk terserang penyakit yang berhubungan dengan jantung bila dibanding dengan mereka yang tidak merokok.

Adanya realitas ini, sebaiknya memang banyak orang, utamanya para wanita, gak merokok untuk kesehatannya.