Sebab begitu gairah selesai memperoleh busana baru, cukup banyak orang-orang yang gunakan busana baru itu tiada mencucinya lebih dahulu. Kendati tampil biasa, ahli kesehatan sebutkan jika ini cukup beresiko untuk dijalankan. Bahkan juga, sejumlah pengamatan memperlihatkan bukti mengagetkan terkait adat menggunakan busana baru yang belum dicuci, ialah bertambahnya kemungkinan terserang kanker. Bagaimana ini dapat berlangsung?

Ahli kesehatan dermatologi Donald Belsito yang datang dari Columbia University Medical Center yang berada pada kota New York, Amerika Serikat, sebutkan jika beberapa produsen busana nyatanya gunakan bahan kimia spesial pada busana baru. Pemakaian bahan kimia ini diperuntukkan untuk menghindar baju langsung mengkerut selesai dicuci. Sayangnya, bahan kimia ini nyatanya dapat menimbulkan reaksi alergi misal busana langsung dipakai tiada pernah dicuci lebih dahulu.

Bahan kimia yang diketahui jadi formaldehida ini pun dipakai pada busana baru untuk menghindar timbulnya jamur. Sayangnya, formaldehida nyatanya dapat berikan dampak jelek misal terkena langsung pada kulit, utamanya dalam membuat reaksi alergi sampai menaikkan kemungkinan kanker dengan relevan.

Belsito sendiri merekomendasikan kita untuk selekasnya membasuh baju yang baru kita beli sebelum dipakai. Tidak cuma sekali, Belsito bahkan juga memohon kita mencucinya kedua kalinya. Cucilah baju sampai warna dari baju ini keluar serta gosoklah sisi yang acapkali terserang keringat seperti kerah atau keringat. Selesai dicuci serta dikeringkan, baru baju baru ini dapat kita pakai dengan aman.

Bila gunakan busana baru tiada dicuci dapat beresiko buat kesehatan, apa hal sama pun berlangsung misal kita coba busana dalam tempat perbelanjaan? Wall Street Journal sebutkan jika coba busana dalam tempat perbelanjaan nyatanya bisa juga membuat reaksi alergi, terserang serangan kutu, atau bahkan juga menularkan penyakit tersendiri. Ini bermakna, kita harus juga waspada kala melaksanakannya.