Saat ini, bertambah banyak orang yang memakai obat nyamuk semprot untuk menanggulangi banyak nyamuk atau serangga yang amat mengganggu. Biarpun tampil lebih praktis untuk dimanfaatkan serta berbau yang wangi, ahli kesehatan memandang pemanfaatan obat nyamuk semprot ini dapat memberikannya resiko tidak baik untuk kesehatan badan. Suatu riset terakhir bahkan juga perlihatkan jika obat nyamuk semprot ini dapat mengakibatkan anak alami pubertas awal.

Ahli ksehatan sebagai associate professor dari Zhejian University yang berada pada kota Hangzhou, China, bernama Jing Liu sebutkan jika bahan kimia yang ada di dalam obat nyamuk semprot bernama piretroid nyatanya memberi lebih kurang 30 prosen pemanfaatan inseksitida di penjuru dunia. Sebagai permasalahan ialah, zat kimia ini nyatanya dapat berperan jadi zat kimia endokrin yang bakal mengganggu kesetimbangan hormon pada badan, utamanya badan anak. Tidak cuma itu, obat nyamuk semprot nyatanya mempunyai toksin bernama axonix yang amat beresiko untuk saraf.

Menurut Liu, bahan kimia piretroid ini nyatanya bisa bikin anak laki laki raih kedewasaan seksual dengan awal. Walaupun sebenarnya, pubertas awal ini nyatanya bakal tingkatkan sejumlah risiko kesehatan pada anak kala usianya dewasa kelak, utamanya berwujud penyakit kanker testis atau bahkan juga kanker payudara. Tidak hanya itu, pubertas awal dapat menimbulkan masalah perkembangan atau bahkan juga permasalahan tingkah laku pada anak.

Dalam riset ini sendiri, Liu serta klubnya lakukan pengecekan pada 463 anak laki laki dengan umur 9 sampai 16 tahun di China. Dalam riset ini, didapati jika paparan piretroid dari obat nyamuk semprot bisa bereaksi dengan urine manusia jadi asam 3-phenoxybenzoic atau 3-PBA. Sebagai permasalahan ialah, penambahan 10 prosen saja dari asam 3-PBA ini dapat tingkatkan 4 prosen hormon testosteron pada anak laki laki itu serta selanjutnya menimbulkan pubertas awal. Oleh karena ada kenyataan ini, sebaiknya orangtua lebih bijak serta tidak terlalu berlebih dalam memakai obat nyamuk semprot di tempat tinggalnya untuk kesehatan beberapa anak.